Selasa, 25 Mei 2021

5 Tips Mencari TK Islam Terbaik Agar Si Kecil Nyaman Belajar

5 Tips Mencari TK Islam Terbaik Agar Si Kecil Nyaman Belajar

Bagi anda yang memiliki anak usia 4-5 tahun, idealnya sudah mulai mengenyam pendidikan sekolah formal. Tingkat pertama diawali dengan masuk Taman Kanak-Kanak (TK), dimana si kecil akan belajar dan bermain. Para guru akan mengajarkan anak membaca, menulis, berhitung, bernyanyi, budi pekerti, hingga bersosialisasi dengan teman. Berikut kiat-kiat mencari TK Islam terbaik

Ajarkan Anak untuk Belajar Sambil Bermain 

1. Tinjau Dulu Lingkungan Sekitar

Anak usia balita cenderung aktif bergerak bebas, sehingga orang tua perlu lebih mengawasinya. Ketika masuk pendidikan TK baiknya mencari lingkungan yang kondusif. Jangan pilih sekolah yang persis depan jalan raya, atau banyak pedagang berjualan di luar. Jadi anda tidak khawatir bila harus meninggalkan anak saat jam belajar. 

Untuk mengetahui bagaimana  kondisi lingkungan sekitar, sebaiknya anda meninjau dulu beberapa sekolah TK. Semakin banyak referensi sekolah, maka anda lebih mudah memilih. Terpenting ialah lingkungan sekolah aman untuk si kecil belajar dan bermain. Sekaligus anak bisa belajar bersosialisasi dari lingkungan sekolahnya. 

2. Perhatikan Sarana dan Fasilitas Sekolah 

Memilih TK Islam terbaik tak harus memiliki gedung mewah, yang penting ialah kebersihan dan keamanannya. Selain itu, apakah fasilitas sarana dan prasarana sudah mumpuni untuk kebutuhan belajar atau belum. Mengingat anak usia dini sedang masanya berkembang mulai dari segi kognitif, sosial, motorik, dan emosi. Jadi hal-hal penunjangnya perlu diperhatikan. 

3. Pertimbangkan Kualitas Guru dan Kurikulum 

Guru di taman kanak-kanak harus mampu memancing anak-anak agar lebih aktif dalam berkreasi. Mengingat di usia perkembangan, si kecil pasti mempunyai rasa ingin tahu tinggi dan mengembangkan lingkungannya. Anda bisa menelisik pendidikan terakhir para guru, serta cari tahu pengalaman bekerjanya. Dari situ anda dapat menilai pola mengajar dan sisi profesionalitas guru.
 
Anda bisa memilih TK Auliya, salah satu TK Islam terbaik dengan model pembelajaran SENTRA. Program ini dirancang untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, yang diintegrasi dengan nilai Islam. Siswa akan diajarkan shalat, membaca Al-Quran, berdoa, hingga pengembangan diri. Dilengkapi ekskul seperti berenang, melukis, robotik, dan melukis. 

Fasilitas yang dimiliki juga mendukung tumbuh kembang si kecil di sekolah. Terdapat tempat bermain indoor dan outdoor, ruang komputer dan perpustakaan, ruang konsultasi psikologi, hingga ruang belajar ber-AC. Untuk tenaga pengajar TK Auliya memiliki guru-guru dari lulusan terbaik. Serta sabar, lembut, dan perhatian kepada anak-anak. 

4. Usahakan Lokasi TK Dekat Rumah

Tips satu ini adalah opsi apabila lingkungan sekitar rumah mendukung. Namun jika tidak ada baiknya carikan TK Islam terbaik. Alasan lokasi TK perlu dekat rumah agar si kecil bersemangat ketika berangkat sekolah. Teman di sekolahnya familiar karena kemungkinan tetangga sendiri. Jadi anak lebih semangat pergi sekolah sebab merasa memiliki teman bermain. 

5. Tengok Biaya Pendidikannya

Biaya mahal belum tentu menyuguhkan sekolah yang berkualitas. Begitu pula kalau biaya murah, tak dipungkiri bila kualitas pendidikannya buruk. Maka dari itu perlu mencari banyak referensi, untuk bahan pertimbangan dari beragam sisi. Pilih sekolah yang pola pendidikannya sesuai usia anak, lalu selaraskan dengan budget yang anda miliki. 

Pendidikan formal mulai dienyam sejak taman kanak-kanak, sekitar usia 4 atau 5 tahun. Anak akan diajak belajar dan bermain seperti berhitung, membaca, menyanyi, hingga keterampilan. Sedari kecil mulai dipantau apa kemampuan anak, serta bidang apa yang diminati sang buah hati. Dengan begitu, orang tua mempunyai gambaran untuk mengembangkan bakat anak.

0 komentar:

Posting Komentar