Kamis, 29 Oktober 2020

4 Langkah Efektif Menumbuhkan Generasi Indonesia Cinta Membaca

4 Langkah Efektif Menumbuhkan Generasi Indonesia Cinta Membaca

Tidak banyak orang yang mempunyai kegemaran membaca. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya indeks minat baca di Indonesia, yang baru mencapai angka 0,001. Memang memiliki minat baca bukan bakat bawaan, namun hal tersebut dapat dipupuk dan ditanamkan secara perlahan. Berikut langkah efektif menumbuhkan generasi Indonesia cinta membaca.
 

Langkah Tepat Menumbuhkan Minat Baca

1. Membiasakan Membaca Buku 20 Menit Sebelum Tidur

Minat baca yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia masih tergolong cukup rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh UNESCO di tahun 2012 lalu, Indonesia mempunyai indeks minat baca yang baru mencapai 0,001. Jika diartikan, dari 1000 populasi hanya ada satu orang saja yang gemar membaca. 

Langkah tepat untuk memulainya adalah dengan membiasakan membaca buku sebelum tidur. Tidak perlu lama, cukup lakukan perlahan sekitar 20 menit saja. Pilihlah satu buku yang menurut anda menarik dan tidak terlalu tebal. Memang terkesan sederhana, namun jika kebiasaan ini terus dilakukan, dapat menumbuhkan generasi Indonesia cinta membaca.

2. Mengikuti Klub Membaca

Agar minat baca anda semakin terasah, ada baiknya untuk mengikuti klub membaca. Biasanya, bergabung dengan orang yang gemar membaca, cenderung lebih mudah menumbuhkan motivasi untuk membaca. Untuk menemukan klub baca tidak sulit, karena kini banyak pihak yang membuat grup untuk perkumpulan orang dengan hobi serupa tersebut.

Jika semisalnya tidak mendapati klub tersebut, anda dapat membentuknya sendiri bersama teman yang gemar membaca. Dalam kegiatannya, anda dapat berdiskusi dengan teman mengenai berbagai hal terkait bacaan, mulai dari rekomendasi buku terbaik, penulis favorit, bahkan bertukar cerita mengenai isi buku yang telah dibaca juga bisa dilakukan. 

3. Menciptakan Reading Diary

Biasanya, minat baca yang kurang akan membuat kegiatan membaca menjadi berat untuk dilakukan. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan gerakan membaca pada diri sendiri, anda dapat membuat reading diary. Hampir sama dengan diary pada umumnya, namun pada buku harian ini berisi tentang berbagai kegiatan membaca anda.
Pada reading diary, anda dapat menuliskan berbagai informasi bacaan, seperti waktu membaca, judul buku, halaman, serta isi dari buku yang dibaca. Lakukan hal ini tiap kali anda selesai membaca. Mungkin, di awal memang sedikit sulit untuk dilakukan, namun dengan perlahan dan rutin, akan menumbuhkan minat baca pada diri anda.

4. Membuat Perpustakaan Mini Di Rumah

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca adalah dengan membuat perpustakaan mini dalam rumah. Ketika anda membangun perpustakaan, besar kemungkinannya anda akan mempunyai keinginan untuk mengoleksi berbagai buku. Kebiasaan ini, juga memicu timbulnya keinginan untuk membaca dalam diri sendiri.

Dalam hal ini, anda dapat mengisi rak perpustakaan dengan berbagai buku yang anda sukai. Misalnya novel, komik, buku pengetahuan, biografi, dan sebagainya. Selain itu, ciptakan pula suasana perpustakaan yang nyaman. Dengan begitu, anda akan betah dan mampu menumbuhkan gerakan membaca pada diri sendiri. Sehingga, membaca akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar