Jumat, 18 September 2020

Pentingkah Literasi Digital Di Era Modern?

Pentingkah Literasi Digital Di Era Modern?

Masyarakat dunia kini sudah menjadikan Internet sebagai salah satu bagian terpenting dari kehidupan. Kamu tentunya juga termasuk dalam golongan masyarakat ini, bukan? Yang setiap hari selalu bersentuhan, menggunakan, dan memanfaatkan Internet dengan intens. Idealnya, penggunaan Internet yang optimal harus didukung pula dengan literasi digital yang baik, sehingga akses yang dimiliki pada informasi yang tidak terbatas bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dalam konteks masyarakat Indonesia sendiri, kondisi ‘banjir informasi’ seperti sekarang sepertinya harus disikapi dengan benar-benar bijak. Mengapa? Sebab jika dilihat dari kebiasaan masyarakat kita dalam membaca buku yang masih tergolong rendah, maka otomatis pemahaman atas informasi yang kini membanjiri gadget menjadi kurang optimal.

Literasi Digital Di Setiap Golongan Masyarakat


Kata ‘viral’ mungkin jadi kata yang paling umum bagi masyarakat Indonesia saat berbicara mengenai informasi yang ada di Internet. Padahal, harus dipahami bahwa informasi apapun yang viral dan banyak disebarkan belum tentu benar, valid, dan bermanfaat. Bahkan kebanyakan hanya sekadar fenomenal, unik, dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan kebenaran.

Mungkin kamu sebagai masyarakat modern yang tinggal di perkotaan, atau setidaknya sudah memahami hal ini, tidak terlalu mempermasalahkan sesuatu yang viral. Namun banyak sekali golongan masyarakat yang masih percaya bahwa apapun yang viral adalah fakta baru yang benar adanya. Ini yang lalu jadi permasalahan dalam pemanfaatan Internet di Indonesia, yang berkaitan dengan literasi digital.

Sebagai generasi muda dengan literasi digital yang baik, ada baiknya kamu juga turut ‘mendidik’ orang lain untuk memiliki sikap yang bijak ketika mendapatkan informasi di Internet. Tidak asal share kemudian turut dalam lingkaran informasi yang kurang baik, namun bisa berhenti sejenak, memastikan validitas, kemudian baru memutuskan apakah informasi ini merupakan fakta atau sekadar hiburan saja.

Seberapa Penting Literasi Digital?

Jika pertanyaan ini muncul, jawabannya adalah sangat penting. Informasi kini jadi komoditas komersial yang bisa dengan mudah dijadikan sebagai bahan transaksi, sehingga tentu akan diolah sedemikian rupa agar menarik dan mendapatkan banyak perhatian. Ketika informasi ini tidak bisa dipastikan data dan validitasnya, akan sangat berbahaya jika kemudian menjadi dasar atas opini yang berkembang di masyarakat.

Terlebih dengan watak masyarakat yang masih terkesan sumbu pendek, dan mudah tersulut karena video atau artikel yang belum jelas kebenarannya, hal ini menjadi semakin urgent. Baik pemerintah atau pada tingkat akar rumput harus terus menggencarkan kebiasaan berInternet yang sehat dengan memasyarakatkan literasi digital.

Idealnya, masyarakat modern memang wajib memiliki pemahaman literasi digital di era seperti ini, sehingga tidak mudah terprovokasi dan tidak mudah menyebarkan informasi yang belum divalidasi. Namun tentu, perjalanan menuju titik tersebut, di Indonesia, masih cukup panjang karena satu dan lain hal.


Menyikapi Informasi yang Beredar Cepat

Dalam rangka turut mendukung pemahaman literasi digital di Indonesia serta membantu masyarakat untuk dapat bersikap lebih bijak, ada beberapa hal yang bisa diterapkan dan dijadikan sebagai kebiasaan baru.

  • Ketika menerima informasi, periksa terlebih dahulu sumbernya dan pastikan validitas sumber tersebut. Jangan sampai kamu justru ikut serta menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya tanpa melakukan riset terlebih dahulu.
  • Berkepala dingin, meski informasi yang kamu dapatkan atau yang beredar menyinggung satu golongan atau topik yang sensitif, jangan mudah terprovokasi. Sikapi dengan tenang, lakukan cross check informasi, dan cari sumber yang valid.
  • Jangan terburu-buru share, meski merupakan hal sederhana, namun berbagi tautan atau video atau bentuk informasi apapun di dalam era sekarang ini bisa berefek sangat besar. Maka dari itu, sebelum menyebarkannya pastikan kamu paham benar kebenaran informasi tersebut.
  • Biasakan membaca hingga tuntas, segala judul artikel dan caption yang dibuat di era sekarang ini ditujukan untuk menarik perhatian pembaca. Maka tak jarang kata yang dipilih adalah kata yang provokatif, ‘memancing’ dan sejenisnya. Biasakan membaca informasi hingga tuntas sebelum mengambil sikap, dan pastikan kamu tidak sekedar termakan oleh judul saja.
  • Beri pemahaman pada orang tua dan orang yang belum paham, salah satu langkah membuat masyarakat lebih paham akan literasi digital adalah turut memberikan pengertian pada golongan orang yang belum terlalu paham. Berikan pemahaman secara perlahan hingga sikap ini menjadi kebiasaan untuk orang terdekat kamu.

Meski terdengar sederhana, beberapa hal di atas cukup penting untuk dapat menumbuhkan sikap positif dan produktif di era sekarang ini. Dengan sumber daya yang dimiliki, jangan sampai kamu atau orang terdekat justru dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab karena kurangnya literasi digital dan sikap bijak dalam menyikapi  informasi yang didapat.

Koneksi Internet cepat di Indonesia dapat memaksimalkan aktivitas digital masyarakat, yang menjadikan literasi digital sebagai sesuatu yang lumrah saat ini.  Untuk mendukung aktivitas digital, kamu tentu membutuhkan koneksi Internet berkualitas, cepat dan stabil. Layanan  Biznet Home menawarkan berbagai paket Internet terjangkau, dengan pelayanan prima yang dijamin dapat menunjang kegiatan digital kamu sehari-hari dan membuat aktivitas berInternet semakin produktif. Dapatkan penawaran terbaik dari Biznet Home, dan bergabunglah bersama layanan Internet super cepat dari Biznet Home!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar