Senin, 31 Agustus 2020

Praktis dan Mudah, Yuk Simak Cara Memindahkan File dari Laptop ke Hp

 
Mayoritas orang suka menyimpan berbagai jenis file di laptop termasuk anda. Kemudian tak jarang, anda ingin memindahkan file tersebut ke handphone. Oleh karena itu, saat ini banyak metode atau alat untuk bisa memindahkan file tersebut. Berbagai perangkat memiliki dukungan perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat baik. Sehingga terdapat banyak cara memindahkan file dari laptop ke hp dengan mudah. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Memindahkan File Laptop ke Handphone

1. Menggunakan Kabel Data

Dengan menggunakan kabel data anda bisa memindahkan file yang ada di laptop ke handphone dengan simpel. Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling umum dan mudah. Pertama-tama siapkan kabel data anda yang masih layak digunakan. Kemudian sambungkan kabel data tersebut ke handphone dan ke laptop anda. Setelah berhasil tersambung, pilih opsi transfer file atau MTP pada menu yang ditampilkan di smartphone (anda juga bisa melihat menu di opsi USB di panel notifikasi).
 
Lalu bukalah file explorer di laptop anda dan cari file yang ingin anda pindahkan ke handphone. Jika telah ditemukan, salin file tersebut dengan memilih file lalu tekan CTRL+C atau klik kanan file anda dan pilih “Copy”.  Masuk ke salah satu folder di partisi perangkat android anda (nama tiap perangkat berbeda). Cara memindahkan file dari laptop ke hp selanjutnya tekan CTRL+V untuk menempelkan berkas tersebut. Anda juga bisa menggunakan klik kanan lalu klik “Paste”. 
 

2. Menggunakan Koneksi Wireless

Selain bisa menggunakan perangkat atau kabel lain, anda juga bisa menggunakan koneksi nirkabel seperti bluetooth, WiFi atau keduanya untuk mentransfer file dari laptop ke handphone. Misalnya saja pada perangkat dengan Windows 10, anda harus memasangkan terlebih dahulu dengan Pengaturan -> Perangkat -> Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain. Lalu klik Tampilkan Ikon tersembunyi (ikon panah atas) -> Bluetooth -> Kirim ke dan cari file yang akan dikirim.
 

3. Menggunakan USB Flash Drive

Cara yang ketiga ini anda membutuhkan perangkat tambahan bernama USB OTG. Perangkat satu ini adalah konverter dari USB Type-A (kebanyakan konektor flash drive) ke micro-USB atau USB Type-C (konector pada handphone). Cara yang dikutip dari https://www.telunjuk.com/article/tips-trick/cara-memindahkan-file-dari-laptop-ke-HP-dengan-mudah, anda hanya perlu menyalin file dari laptop ke flash drive seperti biasa. Kemudian menghubungkan flashdisk dengan OTG ke smartphone anda.
 
Jika terdapat pemberitahuan “Generic USB Drive”, maka tekan tombol “Open” untuk menyalakannya. Tapi jika tidak ada notifikasinya, anda bisa membuka partisi melalui file manager di perangkat yang digunakan. Sebagai catatan untuk anda, selain memiliki perangkat USB OTG, anda juga harus memastikan bahwa perangkat tersebut mendukung opsi dari OTG ke smartphone anda.
 

4. Menggunakan Card Reader

Yang terakhir ini disarankan jika data yang disimpan di smarthphone, ada di kartu memori eksternal. Pertama, keluarkan dulu kartu memori dari handphone, kemudian masukkan ke dalam card reader. Baru buka computer -> pilih drive kartu memori -> kemudian salin data yang diperlukan -> tempel ke drive lain. Lebih jelasnya anda bisa melihat cara ini di https://www.telunjuk.com/article/tips-trick/cara-memindahkan-file-dari-laptop-ke-HP-dengan-mudah.
 
Itulah beberapa cara untuk memindahkan file dari laptop ke handphone anda. Pilihlah cara yang memang bisa memudahkan anda. Lakukan cara tersebut untuk sebaliknya pula, yaitu dari handphone ke laptop anda. Pastikan bahwa tidak ada virus yang terdapat di laptop atau smartphone anda saat proses pemindahan file, agar virus tersebut tidak tersebar di perangkat dan merusaknya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar