Senin, 15 Juni 2020

Kenali 9 Jenis Fitting Pipa yang Sering Dibutuhkan Konsumen

Fitting pipa murah

Fitting adalah bagian pemasangan pipa yang memiliki fungsi untuk menyambung satu pipa dengan bagian yang lain. Di dunia fashion, fitting familiar sebagai pencocokan ukuran dengan baju yang ingin dipesan. Tentu dunia pipa juga membutuhkan desain tertentu agar bisa digunakan lebih optimal pada sebuah sistem pemasangan pipa. Jual fitting pipa bisa saja dibutuhkan agar pemasangan pipa bisa sesuai kebutuhan instalasi rumah atau bangunan Anda.

Jenis fitting pipa

Kalau Anda ingin membeli fitting pipa, sebaiknya ketahui jenis fitting yang dibutuhkan konsumen berikut ini.

1. Socket 

Jika Anda ingin menyambung dua pipa lurus yang berukuran sama, gunakan jenis fitting socket. Tinggal pilih jenis socket yang sesuai dengan kebutuhan seperti socket ulir luar, socket ulir dalam dan sebagainya.

2. Elbow

Elbow atau ells memiliki ukuran 45 dan 90 derajat yang berbentuk siku dan bisa digerakkan ke arah lain. Untuk menyambungkan pipa dari material PVC, gunakan lem dengan teknik ulir. Kalau Anda ingin fitting besi dan galvanis, gunakan cara ulir dan las.

3. Tee 

Memiliki fungsi untuk membuat kelok, Tee  akan membagi aliran menjadi dua arah. Fitting Tee dan Wye memiliki besaran derajat 45 dan 90 derajat, tetapi memiliki perbedaan pada besaran sudut dan tekstur.

4. Coupling dan Union

Fitting pipa murah juga menyediakan tipe coupling dan union yang lebih variatif dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Jika fitting coupling digunakan untuk pemasangan semi permanen yang dilas atau menggunakan mur, maka fitting union memiliki desain yang mudah dilepas.

5. Reducer 

Memiliki fungsi untuk menyambung pipa yang memiliki diameter berbeda yang terbagi menjadi dua jenis yaitu Reducer Elbow dan Reducer Socket. Tinggal gunakan jenis fitting yang sesuai dengan kebutuhan di rumah atau industri Anda.

6. Caps & Plugs

Memiliki cara pemasangan yang sama, jual fitting Caps & Plugs memiliki fungsi sama dengan pemasangan yang berbeda. Caps memiliki fungsi menutup bagian ujung pipa agar air tidak mengalir lagi dengan teknik pemasangan yang lebih praktis. Sedangkan plugs yang memiliki fungsi sama harus dipasang stopper lebih dulu, ya! Ada pula jenis clean out yang bisa dibuka dan ditutup lebih mudah sesuai keinginan Anda.

7. Kompresi

Teknik tekanan membuat koneksi pada kompresi lebih kuat sehingga fitting cocok dipasang pada industri dan perumahan.

8. Flange

Apabila Anda membutuhkan penyambungan dua pipa yang mengandung flange, maka Anda butuh flange. Bahan flange beragam yang bisa digunakan sesuai kebutuhan antara lain plastik, HDPE dan besi.

9. Valve 

Jenis fitting yang bisa mengendalikan aliran sebuah sistem adalah valve, namun sebagian yang lain menganggap valve sebagai material khusus. Material yang digunakan fitting sangat beragam yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, misalnya baja, kuningan, PVC, tembaga, dan lain-lain.

Manfaat fitting dalam pemasangan pipa sangat membantu kehidupan manusia. Seperti yang diketahui bahwa pipa memiliki bentuk yang panjang dan lurus, sedangkan manusia tidak membutuhkan pipa yang panjang saja, bukan? Kebutuhan manusia dalam menopang kehidupan harian butuh pemasangan pipa yang berkelok atau memiliki cabang. Selama pemasangan pipa dilakukan dengan benar, maka aliran air di rumah Anda tidak akan mengalami masalah seperti kebocoran.

Kini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang berbagai macam fitting yang biasa digunakan dalam penyambungan pipa. Fitting merupakan bagian akhir dari pemasangan pipa yang banyak dibutuhkan untuk mendukung pengairan atau aktivitas di perumahan. Dapatkan harga jual fitting yang terjangkau dan menawarkan kualitas terpercaya di toko online kekinian.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar