Rabu, 06 Mei 2020

5 Langkah Efektif Mencari Ponsel Android yang Hilang

Mencari Ponsel Android yang Hilang

Mungkin Anda bakal gigit jari saat ponsel hilang pada satu dekade silam. Kini perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih membuat Anda bisa melacak ponsel pintar yang hilang. Anda bisa menggunakan cara melacak hp Android dengan bantuan kecanggihan teknologi. Kemungkinan ponsel pintar bakal kembali memang minim, namun Anda bisa mengamankan data pribadi di perangkat tersebut. 

Bagaimana langkah Anda mengantisipasi risiko ponsel pribadi hilang? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan begitu sadar ponsel pintar telah raib:

1. Menelepon atau mengirim pesan pada nomor ponsel 

Terdengar sangat sederhana, ya? Jika ponsel tertinggal di area publik atau tempat mana saja, Anda masih memiliki kesempatan ponsel ditemukan oleh orang yang baik. Tidak ada salahnya untuk mencoba tips sederhana pertama kali. Jangan-jangan Anda hanya lupa meletakkan ponsel saja, bukan?

2. Melacak dengan fitur Find My Device

Cara melacak hp Android yang telah hilang bisa Anda lakukan dengan menggunakan fitur Find My Device. Ya, Anda bisa langsung login menggunakan akun Google lewat perangkat PC untuk mengetahui keberadaan terakhir ponsel tersebut. Lewat aplikasi andalan ini, Anda bisa mengamankan data penting pribadi yang tidak ingin diketahui orang lain. 

3. Lapor ke pihak yang berwajib

Tahukah Anda bahwa risiko kehilangan ponsel bisa membuat seseorang mengalami stress dua kali lipat? Bukan hanya harga ponsel pintar yang cukup mahal, namun data penting atau foto pribadi yang ada di dalam ponsel kesayangan tersebut. Anda bisa langsung melaporkan ke pihak berwajib dengan memberikan keterangan yang dibutuhkan seperti nomor IMEI, tipe dan merek, nomor ponsel pintar, dan lain-lain. 

4. Menghubungi layanan CS

Saat ponsel pintar Anda hilang, bisa segera menghubungi bagian layanan customer service dari layanan operator yang digunakan. Setidaknya Anda bisa langsung melakukan pemblokiran nomor telepon pada ponsel tersebut. Hal ini berguna dalam meminimalisir tindakan kriminalitas yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Bisa saja oknum pencurian melakukan penipuan dengan menghubungi kontak yang tertera dan lain-lain. Apalagi Anda yang menyimpan data-data penting seperti nomor rekening, kode pin atau hal lain yang berkaitan dengan mobile banking. Cukup mengerikan, bukan? 

5. Menggunakan aplikasi anti pencurian 

Dewasa ini, Anda bisa menggunakan aplikasi anti pencurian ponsel pintar yang bisa meminimalisir risiko data hilang dan disalahgunakan. Gunakan aplikasi penting yang menawarkan fitur menarik seperti Lookout, Cerberus, Comodo Anti Theft, dan lain-lain. Saat ponsel melakukan hal yang mencurigakan, maka aplikasi bisa langsung melakukan tindakan yang bisa merugikan pemilik ponsel tersebut. 

Beberapa cara mengatasi ponsel pintar hilang bisa Anda jadikan referensi. Selalu simpan dan jaga ponsel Anda dengan baik, ya! Gunakan cara melacak hp Android yang hilang untuk meminimalisir risiko kerugian pengguna baik finansial atau data pribadi. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar