Jumat, 29 Mei 2020

4 Tips Memilih Warna Cat untuk Kusen Rumah

Kusen Rumah

Memilih warna cat memang sedikit membingungkan. Salah pilih warna bisa membuat tampilan rumah menjadi norak dan jauh dari kesan estetik. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pemilihan cat dinding, namun juga untuk warna cat kusen yang dibeli dari toko kusen murah dan berkualitas.

Agar warnanya serasi, memang jauh lebih mudah meminta tolong kepada ahlinya. Namun untuk itu, tentu dibutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Jika Anda memiliki budget yang lebih, Anda bisa saja melakukannya. Namun jika budget Anda pas-pasan, lebih baik mengakalinya sendiri.

Untuk Anda yang sedang bingung memilih warna cat untuk kusen rumah, baik kusen pintu maupun kusen jendela, Anda bisa mengikuti 4 tips berikut ini.

1. Perhatikan bahan kusen yang digunakan

Pertama, perhatikan bahan kusen yang digunakan pada rumah Anda. Apakah kusennya menggunakan kayu atau alumunium. Jika menggunakan kayu, jenis kayu apa yang digunakan. Jika menggunakan alumunium, apa jenis alumuniumnya. Jenis bahan yang digunakan akan sangat menentukan jenis warna dan jenis cat yang harus dipilih nantinya.

Untuk kusen dengan bahan kayu, Anda bisa memilih warna cat yang memperkuat kesan kayu tersebut. Anda bisa memilih warna-warna cokelat kemudian melapisinya dengan pelitur. 

2. Pelajari lingkaran atau tabel warna

Tips kedua, pelajari tentang warna dan kombinasinya. Anda bisa mempelajarinya melalui tabel atau lingkaran warna. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan warna untuk kusen pintu rumah sehingga tidak terlihat norak. Tidak perlu mencari tabel atau lingkaran warna di toko kusen murah karena Anda bisa mempelajarinya gratis melalui berbagai artikel di internet.

3. Sesuaikan pemilihan warna dengan benda-benda di sekitarnya

Tips yang ketiga, sesuaikan pemilihan warna dengan benda-benda yang ada di sekitar kusen, misalnya warna cat dinding dan furniture yang ada di dekatnya. Dengan cara ini, warna kusen yang dipilih akan tampak serasi dan menyatu.

Misalnya furniture yang Anda gunakan banyak yang menggunakan warna cokelat. Anda bisa menggunakan warna yang sama sebagai warna kusen. Jika Anda ingin menyesuaikan warna kusen dengan cat dinding rumah, baik eksterior maupun interior, sebaiknya pilih warna yang tidak jauh berbeda atau bertabrakan.

4. Sesuaikan dengan tema rumah

Tips yang keempat adalah menyesuaikan dengan tema rumah secara keseluruhan. Ketika Anda membangun rumah, Anda menerapkan suatu konsep pada rumah tersebut. Konsep atau tema inilah yang bisa dijadikan panduan dalam memilih warna, termasuk warna kusen yang dibeli dari toko kusen murah.

Misalnya tema rumah Anda adalah monokrom, maka Anda bisa memilih warna kusen putih, hitam, atau bisa juga abu-abu. Begitu juga ketika tema rumah Anda minimalis, modern, atau bergaya klasik. Anda bisa menyesuaikan dengan tema warna rumah secara keseluruhan. 

Nah, itulah 4 tips memilih warna cat untuk kusen rumah, baik kusen pintu maupun kusen jendela. Tidak ada yang melarang Anda untuk bereksperimen dengan warna untuk mengecat kusen rumah. Yang paling penting, pastikan warna yang Anda pilih tidak terlalu bertabrakan atau memiliki perbedaan mencolok yang membuatnya terlihat norak.

Untuk pemilihan warna cat, memang sebaiknya disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun untuk membeli kusen, lebih baik sesuaikan dengan kondisi kantong. Kalau perlu, pilihlah toko kusen murah yang menawarkan kusen harga terjangkau dengan kualitas terbaik. Jika Anda lebih memilih kusen berbahan alumunium, Anda bisa memilih toko alumunium murah dengan kualitas terbaik namun harga yang ditawarkan bersahabat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar