Selasa, 24 Maret 2020

Tips Merawat AC Agar Awet dan Hemat Listrik

Merawat AC

AC merupakan alat pendingin ruangan yang juga membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda tidak sanggup merawat atau memperbaiki AC yang sedang bermasalah, Alangkah baiknya untuk memanfaatkan jasa service AC melalui http://www.kingserviceac.co.id yang telah berpengalaman dibidangnya.

Merawat AC secara rutin akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Sekiranya ac anda penuh dengan kotoran dan debu, udara yang mengalirpun akan tercampur dengan kotoran maupun debu, dan hal ini sangat buruk untuk kesehatan. Nah berikut ini beberapa tips agar AC Anda awet dan hemat listrik.

Matikan AC saat Tidak Dibutuhkan

Anda harus memperhatikan apakah AC dibutuhkan ataupun sebaliknya. Jika akan bepergian sebaiknya matikan AC sebelumnya. Sebelum berangkat, usahakan untuk kembali mengeceknya. Perilaku seperti ini dapat membantu untuk meniadakan tidak bergunanya AC dinyalakan saat bepergian. Selain itu, mematikan AC saat tidak dibutuhkan sangat membantu untuk meminimalisir pengeluaran berlebihan karena penggunaan listrik.

Atur AC Pada Suhu yang Tepat

Langkah berikutnya adalah perhatikan bahwa anda harus mengatur suhu AC, pada suhu yang tepat. Karena iklim Indonesia merupakan iklim tropis, suhu yang tepat adalah suhu 22 derajat. Jika memang dibutuhkan, pengaturan suhu dapat dilakukan dibawah 22 derajat. Namun penting untuk meminimalisir hal ini dilakukan. Karena, membuat mesin AC menjadi lebih cepat panas. Hal ini dapat membahayakan keawetan AC. Karenanya, penting untuk memperhatikan hal ini.

Pembersihan Secara Rutin

Inilah hal penting yang sering terlupakan oleh para pengguna AC. Di mana, anda harus melakukan pembersihan secara berkala pada AC. Sehingga, AC tetap dingin dan dapat digunakan hingga waktu lama. Salah satu cara pembersihannya adalah melakukan pembersihan berkala sebanyak 1 bulan sekali. Pembersihan akan dilakukan pada bagian dalam dan luar mesin AC. Usaha ini dapat membantu untuk menjaga kedinginan AC agar awet digunakan.

Pengecekan Freon

Selain membersihkan mesin AC, berikunya perhatikanlah freon yang ada dalam AC. Freon yang baik dapat digunakan hingga 1-2 tahun. Namun, anda tetap harus melakukan pengecekan secara berkala, yaitu 6 bulan sekali. Jika terjadi masalah pada freon biasanya AC menjadi tidak dingin. Masalah biasanya terjadi karena kebocoran ataupun mulai habis. Jika hal ini terjadi, tentunya tidak nyaman untuk menggunakannya, karenanya penting melakukan pengecekan berkala.

Gunakan Timer Sesuai Kebutuhan

Satu hal lain yang dapat membantu merawat AC adalah menggunakan timer saat menggunakan AC. Waktu terbaik untuk menggunakan mesin AC adalah selama 5 jam. Setelahnya, anda harus mengistirahatkan mesin AC dengan mematikannya. Karenanya, cara merawat AC rumah agar tetap awet sampai 10 tahun ini tetap harus dilakukan. Sehingga, AC akan awet digunakan dalam waktu lama dan dapat meminimalisir pengeluaran dana yang dibutuhkan untuk AC.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar