Beberapa Penyebab Alergi Pada Kulit yang Harus Diketahui

Beberapa Penyebab Alergi Pada Kulit yang Harus Diketahui

Alergi kulit adalah salah satu jenis alergi yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang. Penyebab alergi kulit sangat bermacam-macam dan berbeda-beda pada setiap orangnya. Sehingga para penderita harus mencari terlebih dahulu apa yang membuat tubuhnya alergi. Orang yang menderita alergi kulit akan terhambat aktivitasnya.

Hal ini disebabkan karena alergi kulit dapat mengakibatkan kulit seseorang menjadi gatal-gatal, panas, bentol-bentol dan bintik merah pada kulit bahkan ada yang parah seperti terkena luka bakar. Rasa gatal pada kulit memang bisa menjadi hal yang sangat tidak mengenakan. 

Bukan hanya dapat mengganggu aktivitas mu, gatal juga bisa menyebabkan kulit jadi merah dan bertekstur tak rata. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang penyebab alergi pada kulit yang wajib diketahui.

Keturunan
Faktor keturunan secara genetik bisa dikategorikan sebagai penyebab utama. Jika salah satu atau kedua orang tua menderita alergi tertentu, maka bisa jadi juga akan mengalami hal serupa pada keturunannya. Alergi dari faktor keturunan ini biasanya bisa terdeteksi sejak dini namun tidak bisa dikatakan alergi sejak lahir.

Lingkungan
Penyebab alergi kulit lainnya adalah faktor lingkungan, tentunya berkaitan dengan kebersihan atau tingkat higienis. Beberapa orang akan mengalami bentol-bentol dan gatal saat berada di sebuah lingkungan yang baginya terkesan jorok. Jadi lingkungan yang kotor dan berdebu bisa mengaktifkan alergi kapan saja. Terkadang rasa gatal tersebut seolah makin gatal jika digaruk dan terasa panas sesudahnya.

Psikologis
Faktor psikologis dikarenakan stres, gelisah, dan cemas akan meningkatkan kadar hormon yang tidak seimbang dan cenderung berlebihan. Kondisi tersebut akan mempermudah tubuh untuk mengalami yang namanya alergi, termasuk alergi kulit.

Makanan
Alergi kulit karena makanan biasanya disebabkan karena kandungan protein yang ada di dalam makanan. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, telur, ikan, dan kacang-kacangan sering menjadi pemicu munculnya alergi. Hal yang sering dijumpai adalah Seseorang yang alergi seafood. Selain gatal, ruam, dan sesak napas, alergi  pada makanan juga bisa menimbulkan pembengkakan.

Sensitifitas Terhadap Cuaca Ekstrim
Alergi yang disebabkan oleh cuaca ekstrim biasanya berupa bentol pada kulit disertai rasa gatal. Ruam juga merupakan respon paling umum yang ditunjukkan oleh kulit wajah dan leher. Pada kondisi tersebut, menggaruk kulit harus dihindari, karena justru dapat memperparah kondisi alergi termasuk timbulnya iritasi.

Kutu Debu
Kutu debu merupakan serangga kecil yang bersembunyi dalam kasur, guling maupun bantal. Untuk orang yang memiliki kulit sensitive kutu debu ini sangat mengganggu, membuat kulit menjadi kemerahan dan sangat gatal. Kutu debu ini merupakan debu rumahan yang tergabung dengan bakteri serta jamur yang harus segera di basmi.

Bulu Hewan Peliharaan
Bulu hewan dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak. Selain itu air seni yang masih menempel pada bulu hewan tersebut dapat menjadi penyebab alergi kulit.

Udara yang Dicemari Jamur
Jamur yang dibawa oleh udara berbentuk sangat kecil sehingga tidak terlihat. Hal ini juga yang menyebabkan orang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya mengalami alergi yang disebabkan oleh jamur. Maka buatlah udara dalam rumah kamu selalu bersih dan sehat.

Beberapa penyebab diatas dapat membantu kamu mengetahui penyebab alergi yang terjadi pada kulit kamu. Jika kamu telah mengetahuinya maka cara untuk menghindari alergi kulit adalah dengan menjauhkan penyebab dari tubuh kamu.

0 komentar:

Posting Komentar