Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Peralatan Bayi

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Peralatan Bayi

Sekarang ini orangtua tak lagi perlu memikirkan uang yang akan dikeluarkan untuk membeli kebutuhan anak, karena kini banyak sekali jasa sewa peralatan bayi. Tentunya menyewa perlengkapan bayi sangat membantu para orangtua untuk menghemat pengeluaran. 

Mengapa menyewa perlengkapan bayi? Salah satunya adalah mencegah 'menyesal setelah membeli'. Banyak barang perlengkapan yang sifatnya cocok-cocokan. Nyaman untuk bayi yang satu, belum tentu nyaman bagi bayi lainnya.

Selain itu, membeli banyak barang dengan harga mahal, namun hanya dipergunakan pada waktu tertentu saja pastinya sangat disayangkan bukan? Dengan memanfaatkan jasa sewa peralatan bayi ini, merupakan solusi terbaik yang bisa kamu pilih. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat sewa peratan bayi. Apa saja sih hal yang harus diperhatikan? Yuk simak ulasan berikut.

Mencari tempat penyewaan terbaik 
Tak seperti berbelanja yang bisa di mana saja yang barangnya selalu tersedia, mencari tempat penyewaan butuh usaha tersendiri. Dimulai dari mencari referensi tempat penyewaan sebanyak-banyaknya lewat internet, menghubungi beberapa nomor kontak penyewaan hingga akhirnya mendapatkan tempat sewa yang barangnya ada (masalah yang umum terjadi adalah barang telah habis dipesan atau dalam perbaikan). 

Juga, sebaiknya cari tempat penyewaan yang lokasinya tak terlalu jauh dari alamat rumah, karena hal ini akan meringankan biaya pengiriman. Terakhir, cari tempat penyewaan yang terpercaya kredibilitasnya, bisa dicek review dari pelanggan lainnya.

Mempertimbangkan biaya 
Sebelum menyewa, sebaiknya lakukan kalkulasi biaya. Mengapa? Karena mungkin saja ada beberapa benda yang lebih ekonomis bila dibeli daripada disewa. Apalagi jika mungkin urban mama-papa berencana untuk langsung punya anak kedua dalam waktu dekat dan berniat meneruskan barang-barang milik si kakak untuk adiknya kelak.

Wajib merawat barang sewaan
Ikutlah merawat barang tersebut selama dipinjam. Hal ini penting, mengingat barang yang ada di tangan kita bukan barang milik sendiri melainkan pinjaman. Daripada harus membayar ganti rugi karena kecerobohan sendiri, lebih baik usahakan beri perlindungan dan perawatan yang lebih. Sebelum menyewa, jangan ragu untuk cek kondisi barang bersama kurir atau pemilik barang, pastikan semua dalam kondisi prima. 

Peraturan peminjaman juga harus dipahami terlebih dahulu. Selama meminjam, gunakan dengan bijak dan tak lupa ajarkan anak untuk bertanggung jawab. Setelah meminjam dan sebelum dikembalikan, cek lagi kondisi barang; bila ditemukan kerusakan maka harus diganti sesuai perjanjian.

Perhatikan kondisi dan kebersihan barang sewaan
Meski ditangani oleh para profesional, pastikan barang-barang yang disewa terjamin sudah bersih dan tersanitasi. Ada baiknya pula jika barang sewaan tetap dibersihkan sebelum dipakai. Jika sangsi dengan kebersihan barang. 

Tanyakan kepada pihak tempat penyewaan kapankah suku cadang barang sewaannya diganti (seperti untuk pompa ASI), kapan terakhir kali diservis (penting untuk breastpump, carseat dan boks bayi), atau bisa juga mama papa mempertimbangkan untuk mengganti beberapa bagiannya seperti matras untuk boks bayi, atau menambahkan lapisan cover untuk carseat dan stroller.

Catat tanggal jatuh tempo
Saat menyewa barang, segera catat tanggal pengembalian barang di kalender dan ponsel, apalagi kalau urban mama-papa menyewa lebih dari satu barang. Meski umumnya tempat penyewaan akan memberikan notifikasi atau sms-reminder tanggal pengembalian barang kepada penyewa, mencatat sendiri tentu lebih disarankan. Tujuannya agar sebelum jatuh tempo pengembalian, urban mama-papa dapat memeriksa ulang kondisi barang sewaan, dibersihkan dan disiapkan sedemikian rupa.

0 komentar:

Posting Komentar